Kamis, 06 April 2017

Ketahui Ini Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Ketahui Ini Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan - Indonesia sudah terkenal sejak lama sebagai negara penghasil rempah cengkeh. Sehingga, tidak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan aneka makanan khas Nusantara yang menggunakan cengkeh sebagai salah satu bumbu utamanya. Bahkan, cengkeh ini menjadi salah satu rempah yang banyak di cari di dunia.


Rahasia dari cengkeh sebagai salah satu jenis rempah yang paling dicari adalah adanya kandungan mineral dan banyaknya senyawa unik di dalamnya. Menurut National Nutrient Database for Standard Reference, dari 100 gram cengkeh terdapat kandungan karbohidrat hampir 65 gram, 33 gram serat, 2 gram glukosa, 6 gram protein dan 274 kcal energi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan :

  • Menanggulangi Infeksi Pernafasan
Menurut seorang profesor dari Mount Sinai School of Medicine di New York City. Cengkeh mampu  mengencerkan lendir yg ada di kerongkongan serta tenggorokan secara alami. Sehingga jika anda mengkonsumsi teh dengan cengkeh maka anda akan terhindar dari berbagai jenis infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan.

  • Sebagai obat sakit gigi
Cengkeh juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Namun, yang biasa digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah bagian bunganya. Cara penggunaanya adalah dengan menyangrai 5-10 butir bunga cengkih lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu, bubuk cengkeh yang telah di haluskan kemudian di masukan ke bagian gigi yang sakit.

  • Menghilangkan noda bekas  jerawat
Dari hasil penelitian yang di lakukan para ahli, menunjukan adanya kandungan senyawa Euganol dalam cengkeh. Dimana kandungan tersebut di kenal sebagai antiseptik alami yang digunakan untuk menyeimbangkan kulit. Kandungan ini bisa anda gunakan untuk menghambat munculnya jerawat serta menghilangkan noda bekas jerawat.
  • Alternatif Pembersih Kuman
Adanya kandungan antiseptik alami di dalam cengkeh mampu mencegah tubuh dari berbagai jenis serangan kuman dan bakteri. Langkah penggunaanya yakni dengan mengkombinasikan 1/2 sendok minyak cengkeh dengan dua gelas air lantas semprotkan ke tempat yang sekiranya banyak mengandung kuman. Sehingga kuman-kuman akan mati dan tubuh akan sehat.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat cengkeh untuk kesehatan. Semoga postingan kami kali ini bisa membantu anda. Jangan luka untuk share artikel ini ya, untuk berbagi kesehatan kepada semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Spirits THEME

Graphic Works